:
Responsive Banner design

Recent Posts

Home » , » Cara Meringankan Loading Blog

Cara Meringankan Loading Blog

Intrik-GO: Pasti banyak orang yang pengen blognya gampang diakses, cepat, dan ringan. Blog yang loadnya lama pasti akan malas dibuka dan keburu ditinggal pengunjung, apalagi tidak semua orang memiliki akses internet yang cepat, apalagi sekarang kecepatan load blog sangat berpengaruh untuk traffik blog. Blog yang loadnya sangat berat atau lama akan sering ditinggalkan pengunjung, walaupun isi artikelnya bermanfaat. sehingga kita harus pintar-pintarnya merancang blog kita agar ringan namun tetap tampak bagus dan keren. Untuk Meringankan blog ada dua cara yaitu:

Cara Pertama :

Kita dapat melakukan berbagai cara seperti memilih template yang minimalis serta mengurangi widget dan gambar yang kurang dibutuhkan. Selain itu kita juga dapat menggunakan teknik gzip, dengan teknik gzip kecepatan akses blog kita akan bertambah sampai 80 %. Cara kerja dari gzip adalah gzip akan membuat archive dari blog kita dengan format gzip, jadinya ketika user mengakses blog kita, yang di download oleh browser bukan data data blog kita yang besar, tapi archive dari compressi dari seluruh data blog kita. Untuk membuat gzip di blog kita, pertama, backup dulu template kalian, terus kalian copy kode berikut:

Code:
<?php if (substr_ count($_SERVER['HTTP_ACCEPT_ENCODING'],'gzip')) ob_start("ob_gzhandler");else ob_ start();? >

Atau kode ini

Code:
<?php ob_start("ob_gzhandler"); ?>

Kemudian paste /letakkan kode tersebut di atas kode PHP Code :

Code:
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTDXHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1

Letakkan dipaling atas template blog dan di save.
Setelah selesai, kalian dapat mencek blog kalian, apakah sudah lebih ringan atau tidak di http://www.whatsmyip.org/http_compression/


Cara Kedua:

Cara lain selain cara diatas adalah dengan cara memperbaiki atau merapihkan struktur html atau css biar lebih mudah dibaca oleh browser dan cara ini bisa dibilang juga mempercepat loading blog , karena 1 spasi jarak kode saja itu dihitung per byte nya oleh browser.

Untuk css silahkan gunakan :
http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor

Untuk HTML silahkan gunakan ini : (jngan lupa centang don't compress HTML head)
http://www.textfixer.com/html/compress-html-compression.php

Klo mau tau kecepatan loading blog, silahkan coba disini :
http://www.z33s.co.cc/2010/11/cek-kecepatan-blog-kamu-disini.html


Demikian cara-cara yang dapat meringankan load blog kita. Cara2 tersebut hanya merupakan salah satu cara dari beberapa cara, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman2 bloger indonesia. terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan KOMENTAR dan FOLLOW (bakal di Follow balik) untuk saling menguntungkan.

***

2 comments:

  1. Informasi loading speed blognya mantap dan bermanfaat! Thanks

    BalasHapus
  2. Informasi loading speed blognya mantap dan bermanfaat! Thanks.

    BalasHapus

Followers